Selasa, 28 Desember 2010

Pelatihan Master Teacher “Intel Getting Started” MGMP TIK Kab. Jepara

Pidato Presiden dalam rangka ulang tahun PGRI Tahun 2010 menyinggung mengenai kecakapan abad 21 bagi guru. Adapun istilah itu bagi bagi kalangan guru masih banyak yang belum tahu. adapun kecapakan abad 21 adalah kecakapan yang diperlukan dalam menghadapi abad ke 21. kecakapan-kecakapan di abad ke-21, di antaranya Adalah :

Akuntabilitas dan Kemampuan beradaptasi — Menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain; memaklumi kerancuan.

Kecakapan Berkomunikasi — Memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia.

Kreatifitas dan Keingintahuan Intelektual — Mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

Berpikir Kritis dan Berpikir dalam Sistem — Berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem.

Kecakapan Melek Informasi dan Media — Menganalisa, mengakses,mengelola, mengintegrasi, mengevaluasi, dan menciptakan informasi dalam berbagai bentuk dan media.

Kecakapan Hubungan Antar Pribadi dan Kerjasama — Menunjukkan kerjasama berkelompok dan kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda.

Identifikasi masalah, Penjabaran, dan Solusi — Kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah.

Pengarahan Pribadi — Memonitor pemahaman diri dan mempelajari kebutuhan pembelajaran, menemukan sumber-sumber yang tepat, mentransfer pembelajaran dari satu bidang ke bidang lainnya.

Tanggung Jawab Sosial —
Tanggung jawab dalam bertindak dengan mengutamakan kepentingan masyarakat yang lebih besar; menunjukkan perilaku etis secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan antar masyarakat

Dalam rangka lebih mengenal kecakapan abad 21 dan mempraktekannya langsung, MGMP TIK Kabupaten Jepara mengadakan pelatihan Maste Teacher "Intel Getting Started Course" bekerja sama dengan Senior Teacher Intel Education yang juga sebagai staaf LPMP Jawa Tengah, yang dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai 30 Desember di Ruang kelas SMA N 1 Jepara. Adapun modul "Intel Getting started Course" memang di tujukan untuk mengenal dan mengekplore kecakapan abad 21 seperti yang di sampaikan oleh bapak presiden dalam sambutanmemperingati hari pendidikan nasional tahun 2010. Diharapkan setelah mengikuti modul pelatihan dari intel akan membuat kecakapan abad 21 lebih berkembang di kabupaten jepara. Adapun Modul pelatihannya sebagai berikut

Modul 1: Mengembangkan Kecakapan Abad ke-21


Fokus:Kecakapan abad ke-21 dan lingkungan kelas

Hasil:

  • Identifikasi Kecakapan abad ke-21

  • Memahami kecenderungan ke arah penciptaan lingkungan kelas abad ke-21

  • Menemukan perbedaan-perbedaan antara cara pendekatan terpusat pada guru dan terpusat pada siswa

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 2: Mempelajari Dasar-Dasar Komputer dan Internet


Fokus:Dasar-dasar komputer dan internet

Hasil:

  • Mempelajari dasar-dasar komponen komputer

  • Menemukan pokok dari sistem operasi

  • Mengembangkan Kecakapan Navigasi Internet

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 3: Membantu Mengembangkan Pemikiran Kritis dan Bekerjasama


Fokus: Urutan pemikiran yang lebih tinggi dan kerjasama siswa

Hasil:

  • Memahami bagaimana caranya menanamkan order pemikiran yang lebih tinggi pada siswa

  • Mengembangkan Kecakapan untuk meningkatkan dan memfasilitasi kerjasama

  • Menjadi terbiasa dengan struktur dari masing-masing aktivitas—empat langkah pembelajaran berulang dari Rencana, Kerjakan, Telaah, dan Berbagi

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 4: Mempelajari Pengolah kata


Focus : Perangkat Lunak Pengolah kata

Hasil:

  • Menggali pengolah kata dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan bahasa

  • Melengkapi aktivitas pengolah kata yang diperlukan: Lembar Penilaian

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 5: Aplikasi Pengolah Kata


Fokus: Alat produktivitas pengolah kata

Hasil:

  • Mempraktekkan Kecakapan pengolah kata anda dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas Mata Pelajaran pilihan yang relevan

  • Berbagi pekerjaan anda dengan rekan sejawat, dan mendiskusikannya berdasarkan praktek produktivitas yang professional

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 6: Mempelajari Multimedia


Fokus: Perangkat Lunak Multimedia

Hasil:

  • Menggali multimedia dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan bahasan

  • Lengkapi aktivitas multimedia yang diperlukan: Kurikulum Pendahuluan

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 7: Mengaplikasi Multimedia


Fokus:Alat produktivitas Multimedia

Hasil:

  • Mempraktekkan Kecakapan multimedia anda dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas Mata Pelajaran pilihan yang relevan

  • Berbagi pekerjaan anda dengan rekan sejawat, dan mendiskusikannya berdasarkan praktek produktivitas yang professional

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 8: Mempelajari Lembar Kerja


Fokus: Perangkat Lunak Lembar Kerja (tabel Lembar Kerja)

Hasil:

  • Menggali Lembar Kerja dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan bahasan

  • Lengkapi aktivitas Lembar Kerja yang diperlukan: Buku Nilai

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 9: Mengaplikasi Lembar Kerja


Fokus: Alat produktivitas Lembar Kerja

Hasil:

  • Mempraktekkan Kecakapan Lembar Kerja anda dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas Mata Pelajaran pilihan yang relevan

  • Berbagi pekerjaan anda dengan rekan sejawat, dan mendiskusikannya berdasarkan praktek produktivitas yang professional

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 10: Mengembangkan Pendekatan Abad ke-21


Fokus: Kecakapan pemberian kemudahan

Hasil:

  • Mengembangkan strategi untuk meningkatkan

  • Kecakapan Mendengarkan dan berbicara,

  • memberikan arah, mengamati dan memonitor,

  • pertanyaan, mendorong, dan intervensi

  • Memahami proses dalam menerima perubahan

  • Mengikuti praktek yang profesional


Modul 11: Merencanakan dan Mengerjakan Rencana Kerja


Fokus: Penggunaan dan mengembangkan Rencana Kerja

Hasil:

  • Memahami penggunaan dan komponen dari sebuah Rencana Kerja

  • Melihat contoh Rencana Kerja

  • Menentukan perubahan profesional yang anda ingin buat dan mengembangkan sebuah

  • rencana untuk menerapkan perubahan dari waktu ke waktu

  • Rencanakan Rencana Kerja secara tertulis dan mengerjakannya pada komputer


Modul 12: Menelaah dan Berbagi Rencana Kerja


Fokus: Peningkatan Rencana Kerja dan berbagi

Hasil:

  • Meninjau dan mebuat perubahan pada Rencana Kerja

  • Berbagi Rencana Kerja dan menerima umpan balik bersifat membangun

  • Menyimpulkan pelatihan


Foto-Foto Kegiatan