Selasa, 24 Juli 2012

CARA MENYUSUN REKOMENDASI EDS

Untuk menyusun rekomendasi langkah langkahnya adalah :


  1. Buka file EDS lihat pada Sheet 7. Rekapitulasi


  2. Cari pada indikator yang yang berwarna kuning



    Contoh : pada 1.1.1.2.0 : Sekolah melaksanakan pengembangan kurikulum dengan melibatkan unsur guru, konselor, kepala sekolah, komite sekolah, dan nara sumber, dan pihak-pihak lain yang terkait.


  3. Copy kan isi dari Indikator kedalam format rekomendasi di kolom Indikator



  4. Pahami bahwa dalam satu indikator(I) terdapat banyak pertanyaan(tanya) yang menentukan hasil dari indikator (I).



  5. Cari pada baris tanya yang berwarna kuning

    Contoh : Siapa saja yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu?


  6. Setelah ketemu, cari ke instrument di pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang membuat hasil rekap menjadi kuning

    Contoh : Lihat pada instrument Kepala Sekolah


  7. Lihat pada pertanyaannya dan hasil jawaban



Contoh : Pada pertanyaan 2. Siapa saja yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu?

Dari 6 unsur yang ada ternyata pada unsur Konselor atau unsur perguruan tinggi belum di libatkan. (dengan indikator jawaban masih o). Pernyataan ini di masukan ke dalam kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN





  1. Untuk tahapan pencapain lihat pada Kolom Rating di hasil Sheet 7. Rekapitulasi. (untuk yang ini saya agak kurang paham teorinya), dibawah SNP angka pencapainya 1


  2. Untuk mengisi kolom REKOMENDASI PENINGKATAN / PENGEMBANGAN bisa menggunakan kalimat sendiri atau melihat dari kalimat yang ada dalam Manual Mutu Pada SD





  1. Untuk mengisi kolom PROGRAM, gunakan daftar PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS

    PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS:

    1. Pengembangan kompetensi lulusan (bidang akademik dan non akademik) (SKL)

    2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)

    3. Pengembangan pembelajaran (Standar Proses)

    4. Pengembangan sistem penilaian (Standar Penilaian)

    5. Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)

    6. Pengembangan sarana dan prasarana sekolah (Standar Sapras)

    7. Pengembangan manajemen sekolah (Standar Pengelolaan)

    8. Pembinaan kesiswaan/ekstrakurikuler (SI, SKL, SP, Penilaian)

    9. Budaya dan lingkungan sekolah (Sarpras)

    10. Penanaman karakter (budi pekerti) (SKL, Standar Proses, SI)

    Contoh : Program no 2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)


  2. Untuk mengisi kolom KEGIATAN, gunakan kalimat yang mengarah pada suatu kegiatan misalnya : Sekolah mengadakan workshop penysusunan kurikulum.

  3. Hasil sementara





  1. Setelah terisi semua lihat lagi pada Sheet 7. Rekapitulasi. Selain kelemahan pada keterlibatan konselor ada satu pertanyaan lagi yang bisa kita Identifikasi yaitu pada pertanyaan : 1.1.1.2.4 :
    Program pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme



  2. Cari ke instrument di pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang membuat hasil rekap menjadi kuning (seperti langkah ke 6)

    Untuk mencari kelemahan pada pertanyaan Program pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme, Kita cari kedalam instrument kira kira bagian mana dari jawaban kita yang belum sesuai dengan standar yang seharunya sehingga membuat hasilnya masih berwarna kuning. (untuk hal ini tentu kepala sekolah lebih mudah mencarinya)


  3. Masukan hasil temuan kita di kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN, ubah menjadi kalimat yang sesuai, Contoh : Program pengembangan kurikulum sekolah belum melakukan analisis Expert (pertimbangan ahli)




Hasilnya.

 

Silahkan ulangi langkah 1 sampai 15 untuk semua Indikator yang berwarna kuning.

Jika masih bingung silahkan hubungi

Abimanyu


abi@lpmpjateng.go.id

 

Trik Dan TIP

  1. Isi semua jawaban dengan 1 untuk ya atau 0 untuk tidak. Jangan sampai kosong atau di isi dengan karakter lain (-).


  2. Jika pada grafik standar PTK tidak Muncul seperti ini



    Solusinya, pada Sheet Isian Data Dasar bagian B. TENAGA ADMINISTRASI dan C. TENAGA PUSTAKAWAN harus diisi, jika memang tidak ada cukup diisi dengan angka 0 (nol)