Pada saat transaksi data dilakukan baik melalui SIM NUPTK Client-Server maupun yang dilakukan melalui webBrowser ataupun SIM NUPTK SE, maka akan terjadi perbedaan data antar data lokal dan data yang ada di Pusat. Untuk menyamakan data lokal dan pusat harus dilakukan proses sincronisasi. Sincronisasi terdiri dari dua macam, yaitu
- Sincronisasi dari lokal ke pusat, pada saat menjalankan SIM NUPTK CS, operator dapat melakukan transaksi dilokal terlebih dahulu. Semua transaksi yang dilakukan belum merubah database pusat. Jika ingin merubah database pusat seperti, penambahan data individu yang berarti pengajuan NUPTK baru, harus dilakukan sincronisasi dengan menekan tombol Sincron.
- Sincronisasi dari pusat ke lokal, jika transaksi data seperti pengajuan NUPTK baru dilakukan, maka setelah proses selesai dan NUPTK terbit, maka harus dilakukan download hasil tersebut kedatabase lokal begitu pula semua perubahan data yang dilakukan menggunakan NUPTK WebBrowser, harus dilakukan sincronisasi database lokal dengan pusat
Adapun cara melakukan sincronisasi untuk perubahan data dipusat ke database lokal pada SIMNUPTK Client-Server adalah sebagai berikut:
- Jalankan NUPTK Client-Server kemudian pilih Menu File – Sincronisasi Data – Database Server lokal < - - Server PMPTK
- Anda akan diminta memasukkan user dan password on-line anda.
- Masukkan user dan password on-line anda kemudian klik OK. Akan tampil Form Sincron.
- Pilih Jenis data yang ingin anda sincron antara data pusat dengan database lokal anda. Jenis data sincron terdiri dari Perbaikan Data, PTK Mutasi ke Daerah Lain dan Sincron NUPTK. Jika anda ingin download pengajuan NUPTK anda yang telah selesai pilih Sincron NUPTK kemudian klik tombol Cari.
- Daftar Nama akan muncul di kolom sebelah kiri form. Double klik PTK yang ingin anda lakukan sincron ke database lokal. Sincron Pusat ke database lokal untuk sementara dilakukan satu persatu.
- Setelah Detil Individu muncul di sebelah kanan form, klik tombol Update(Lokal). Klik OK pada dialog confirm. Individu tersebut berarti telah didownload ke database lokal. Klik kembali tombol Cari untuk me refresh daftar nama. Jika sincron berhasil
- Lakukan hal yang sama untuk Jenis Data yang lain dan Individu yang lain satu persatu untuk melakukan sincron semua yang terdapat pada dafter nama sampai daftar nama kosong.
Double klik nama Individu sehingga detil tampil
Pilih Jenis data kemudian Klik tombol untuk memunculkan daftar nama
Klik untuk mendownload ke database lokal
[...] http://lpmp.wordpress.com/2011/02/08/panduan-sincron-data-lokal-dan-pusat-pada-sim-nuptk-client-%E2%... [...]
BalasHapusbang mo tanya, untuk username dan pssword client server pake yang mana??? dari panduan username : 0000-ADMIn pass : admin
BalasHapustapi kok g bisa masuk?????? alias sincron
caranya sangat bgus, tapi bagaimna cara mendownload aplikasi ini??
BalasHapustolong berikan petunjuknya !!!
terima kasih,,,
Silahkan hubungi operator NUPTK di kabupaten masing2,
BalasHapusMas... Oke artikelnya..
BalasHapusSaya operator NUPTK Kab. Serdang Bedagai
Tapi bagaimana dengan sinkron data lokalnya? (aplikasi simNUPTK tersebut) soalnya kan.. Diperlukan file sinkron untuk mengupdate database atas NUPTK yg sudah di generate. Kalo coba manual entrinya gak bisa.. Ada enkripsinya... Apakah aplikasi simNUPTK R series sudah ditinggalkan ya? Terus bagaimana cara cetak kartu NUPTK? Soalnya pake database lokal itu kan?
Apakah SimNUPTK CLIENT Server kusus untuk operator di Diknas Kabupaten atau untuk operator di sekolah dan bagaimana caranya
BalasHapusInfo lebih lanjut silahkan di www.nuptk.info
BalasHapusbagai mana cara mendownload aplikasi SIM NUPTK CS
BalasHapusdan sy operator Kecamatan minta user dan password
mohon balasan
BalasHapussaya bukan oprator sekolah ataupun oprator Diknas, apakah saya bisa mendapatkan user dan passport ,kalau bisa bagaimana caranya? bls
BalasHapusgak bisa
BalasHapusoh....jadi klau ingin softwarex SIM NUPTK CLIENT –SERVER itu, harus di diknas kab gitu ya...?klau sdh dapat di instal baru bisa dapat user name dan pssw gitu ya?mhn bls.
BalasHapussaya operator SD N 05 kejene, apa bisa mendapatkan / mengistal softwarex SIM NUPTK CLIENT –SERVER
BalasHapusItu hanya untuk operator nuptk di dinas
BalasHapuspak tolong minta password dan user untuk nuptk kab. cianjur
BalasHapusPasword untuk admin hanya bagi operator nuptk di dinas
BalasHapusPa, Kami kan tinggal di pelosok, saya ooperator di salah satu sekolah dasar di kampung saya, bagaimana cara mendaftar nuptk online
BalasHapusdata nuptk saya ada yg salah, bagaimana cara memperbaikinya
BalasHapusno nuptk saya 1553759662110023. terimakasih
Langsung saja ke Operator NUPTK Di dinas.
BalasHapusMaaf pak mau tanya, bagaimana caranya mendaftarkan NUPTK, masalah saya belum punya NUPTK.................
BalasHapusBaca artikel terbaru mengenai alur pendaftaran nuptk di blog ini
BalasHapuspa bolehkah minta user dan password nuptk cs
BalasHapusPa, bagaimana cara mendaftar agar mempunyai user & password untuk nuptk online
BalasHapusuntuk sekedar melihat kayaknya guest, kalau untuk mengubah data kayaknya khusus operator nuptk di dinas pendidikan
BalasHapusbang kenapa apload data NUPTK di dinas sekarang ga bisa, kapan bisa apload lagi?
BalasHapusuntuk ada user data operator gimana ia caranya
BalasHapusdescoda.blogspot.com
Kang...sudah seminggu nuptk web browser kok ga bisa ke buka yah..kenapa mohon bantuannya...
BalasHapusHubungi operator nuptk di dinas saja
BalasHapussekarang apa masih bisa megusulkan nuptk untuk tenaga guru sd yg wiyata bhakti . ( oprtr nuptk kecamatn slogohimo wonogiri ) mks
BalasHapusbagaimana cara melihat nuptk ko g bisa ya pa
BalasHapusPake nuptkbrowser saja
BalasHapusmaaf pak, saya operator dapodik di lembaga saya. Saya dah sering UPDATE NUPTK lewat mapenda kab krn lembaga saya di lingkup kemenag tapi alhasil data NUPTK lembaga saya masih salah terus yaitu jumlah personil dan NSS nya tidak sesuai dengan aslinya. tlg ksih solusi
BalasHapusmaaf pak, apa benar proses penerbitan NUPTK ditutup sekarang ini? kasihan guru yang belum punya NUPTK
BalasHapusmaaf pak, kami ini guru yang berbakti di daerah yang terisolasi, setiap kali kami tanya operator NUPTK di Dinas selalu bilang masi blokir, apa benar demikian? tolong pak konfirmasinya
BalasHapus