Senin, 07 Februari 2011

PENGAJUAN NUPTK BARU


 

Penambahan Individu Baru

Untuk penambahan individu baru, harus melalui sekolah/institusinya, sehingga tidak ada individu yang tidak mempunyai tempat tugas (lost link). Pada saat melakukan entri, juga harus dipastikan bahwa individu tersebut belum ada didatabase dengan menggunakan fasilitas pencarian yang ada di aplikasi. Hal ini untuk memastikan kemungkinan individu terdaftar di sekolah/instansi lain. Langkah penambahan individu berikut dilakukan untuk penambahan PTK di sekolah.

  1. Klik short cut Sekolah & Madrasah yang ada didepan aplikasi.
  2. Pilih di drop down menu Propinsi, Kabupaten/Kota dari sekolah yang dicari. Klik icon open untuk menampilkan daftar sekolah. Akan tampil daftar sekolah di daerah tersebut.
  3. Klik ganda sekolah yang ingin ditambahkan PTK nya. Akan tampir form Fptk_list
  4. Klik tombol Buat PTK Baru. Akan tampil Form Biodata PTK.
  5. Cari dahulu Individu yang ingin tambahkan untuk memastikan individu tersebut belum ada didatabase di sekolah/instansi yang berbeda. Tulis nama PTK kemudian klik tombol Cari.
  6. Jika nama individu ada didaftar, select individu tersebut, kemudian klik tombol Pilih. Lakukan beberapa perbaikan atau pemutakhiran data individu sesuai keperluan, kemudian Klik icon Simpan, dialog konfirmasi akan muncul. klik OK
  7. Jika pada proses pencarian individu tidak ditemukan maka anda harus melakukan entri data individu tersebut. Klik tombol skip pada tampilan cari.
  8. Isi data-data individu dengan lengkap. Klik pula icon Edit untuk memasukkan data-data tempat tugas PTK. Sama dengan sebelumnya, Klik icon Simpan, form konfirmasi akan muncul. Klik OK.


 


 


Gambar 1.8


 

  1. Proses tersebut akan membuat status individu dalam keadaan Diajukan (gambar 1.9)



Gambar 1.10



     Gambar 1.11


 


 

PANDUAN CROSS-CHECK PENGAJUAN NUPTK OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA

Pengajuan NUPTK secara on-line dapat dilakukan menggunakan SIM NUPTK CS. Setelah melakukan langkah terakhir yaitu meng klik tombol sincron, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses cross-check yang dilakukan dengan menggunakan NUPTK WEB Browser.

Langkah-langkah cross-check pengajuan adalah:

  1. Jalankan SIM NUPTK Web Browser kemudian login menggunakan user dan password anda.

  2.  


Gambar 1.13. Daftar pengajuan NUPTK


 

  1. Pilih nama PTK yang ingin dilakukan cross-check, kemudian klik tombol Cross-Check. Pada proses cross-check dibandingkan antara Individu dengan semua pengajuan NUPTK yang informasinya terdapat dikolom bawah.


Gambar 1.14 Cross-check pengajuan NUPTK

  1. Jika kolom data pembanding kosong, maka anda dapat melanjutkan kesemua proses crosscheck hingga selesai.


Gambar 1.15 cross-check dengan pembanding tidak ditemukan

  1. Lanjutkan proses cross-check sampai proses perbandingan Nama - Tmp Lahir


Gambar 1.16 Proses cross-check terakhir yang memenuhi syarat diajukan


 

  1. Setelah pada proses ke empat selesai isi Status Cross-Check NUPTK Diajukan, kemudian klik tombol Save. Lanjutkan proses ke pengajuan PTK lain yang berada di daftar pengajuan.
  2. Untuk melihat progress atau sampai mana pengajuan anda, anda sebagai dinas pendidikan kab/kota dapat melihatnya melalui aplikasi ini. Pada form bagian bawah pilih Progress OPEN untuk pengajuan yang masih menunggu diproses oleh LPMP. Klik tombol View. Akan mucul daftar pengajuan sesuai progressnya.


Gambar 1.17 Form cross-check pengajuan


 

  1. Progress Close berarti, keseluruhan proses pengajuan selesai dengan output NUPTK atau pengajuan ditolak dengan alasan tertentu
  2. Progress Prosess berarti proses masih dilakukan oleh LPMP.

52 komentar:

  1. [...] http://lpmp.wordpress.com/2011/02/08/pengajuan-nuptk-baru/ [...]

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum Wr.Wb
    saya ingin tanya bagaimna cara mendownload aplikasi NUPTK yang anda berikan saran di atas??,,,

    tolong beritahu saya ,,,
    terima kasih,,

    BalasHapus
  3. silahkan hubungi Operator NUPTK di kabupaten masing2

    BalasHapus
  4. assalamu’alaikum Wr.Wb
    saya mau tanya, kenapa selalu ada doubel counting, sedangkan data yang di edit berbeda, hanya NAMA yang SAMA, yang lainnya beda. ini sangat mengganggu kelancaran dalam pengarsipan di DINAS DIKPORA Kab.
    dan apakah saya di perbolehkan Melakukan pengajuan NUPTK secara OnLine sendiri?
    kalau boleh, Untuk paswordnya bagaimana?
    sedangkan dari DIKPORA KAB tdak mau memberikan Paswordnya. saya pribadi sampai sekarang masih membantu guru2 untuk pembuatan NUPTK sebab untUk ke DIKPORA Kab sangat jauh.
    tolong balasannya, karna masih banyak Guru yang tidak ber NUPTK atau Doeble counting.

    BalasHapus
  5. assalamu’alaikum Wr.Wb
    bagaimana cara menjadi operato NUPTK yang sah.

    BalasHapus
  6. semua itu sudah ranahnya operator nuptk di daerah yang sudah ditunjuk oleh daerah masing2. mungkin yang bisa saya sarankan adalah pendekatan yang baik pada operator nuptk didaerah.

    BalasHapus
  7. Saya beserta teman mengajukan NUPTK baru januari 2011 (TMT 2003 ada juga 2008) sampai saat ini belum mendapat NUPTK (ket: proses/bisa diajukan), sedangkan teman saya bulan maret mengajukan sekarang sudah mendapatkannya. Bagai mana ini bisa terjadi? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    BalasHapus
  8. Silahkan hubungi operator nuptk di http://nuptk.info

    BalasHapus
  9. kalau boleh tahu bagaimana cara downloadnya dan sertakan passwordnya

    BalasHapus
  10. bisakah membuat kesing hp tanpa radiasi yng dapat menimbulkan penyakit kanker

    BalasHapus
  11. kenapa NUPTK saya belum keluar pak dari riau, kampar Kec bangkinang barat.SMPN 2 Bangkinang Barat Atas nama JEFRI,Tolong pak

    BalasHapus
  12. cek di operator NUPTK Di dinas pendidikan daerah

    BalasHapus
  13. dari sekolah langsung yang mendaftarkan NUPTK apa tidak bisa pak? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  14. Assalamu Alaikum Wr.Wb
    bagaimana caranya mendaftar online NUPTK ?
    saya ingin tanya bagaimna cara mendownload aplikasi NUPTK yang anda berikan saran di atas??,,,

    BalasHapus
  15. [...] dengan latar belakang video alternatif. « DAFTAR NAMA MT/PT YANG SERTIFIKATNYA SUDAH KELUAR PENGAJUAN NUPTK BARU [...]

    BalasHapus
  16. assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh
    saya aziz dari cileungsi mo tanya untuk sekolah baru berdiri selama 3 tahun bagaimana cara mengajukan NUPTK untuk dewan guru nya ?

    BalasHapus
  17. Coba buka nuptk.info untuk mendonwload formulir. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada

    BalasHapus
  18. proses pembuatan NUPTK berapa lama, ditunggu infonya. trim

    BalasHapus
  19. capek urus nuptk,bolak balik ksh msuk brkas d kntor dinas tp gak knjung keluar nuptk nya.............
    udah pke uang capek jg samaaaaaaaa aja..

    BalasHapus
  20. ass.
    NUPTK saya belum keluar dari tahun 2007 sampai sekarang apa hrs mendaftar lagi, toong.
    terima kasih bantuannya

    BalasHapus
  21. dipastikan dulu datanya sudah betul. bisa langsung cek ke operator nuptk di dinas pendidikan

    BalasHapus
  22. kalo data sudah betul, 2-3 bulan jadi. Yang mngeluarkan langsung pusat

    BalasHapus
  23. KE kantor dinas ketemu siapa pak? kalo ketemu operator NUPTK langsung saya rasa bisa beres. Kebanyakan guru ke dinas mau mengurus NUPTK tidak langsung ke operator sehingga malah bertele2

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Saya admin SMK Swasta
    Maaf, saya coba buka di http://nuptk.info kok ada tulisannya "situs ini nuptk.info dijual!!"
    Bagaimana saya mencari infonya tentang sinkronisasi terbaru?
    Kok bisa seperti ini?
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  25. Mohon Penjelasan, saya Eni Lestari, Guru Pendidikan Agama Buddha di SMP Negeri 1 Jatisrono, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pada akhir bulan November 2011 telah mengajukan NUPTK ke Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. tapi sampai dengan sekarang saya cek NUPTK saya belum keluar. Seandainya ada kekurangan juga belum ada pemberitahuan. Mohon dijelaskan. Terima kasih

    BalasHapus
  26. Langsung ke operator nuptk di dinas saja

    BalasHapus
  27. Ibu pns dinas atau depag. Coba di cek gambar alur yangbada di blogini.

    Kalau ada salah data nuptk gak jadi jadi, dan tidak ada pemberitahuan. Ibu saja yang aktif mengecek ke operator nuptk

    BalasHapus
  28. mohon apa nama saya sudah di input oleh operator nuptk kabupaten :
    nama : Abdul Aziz S.Pd.l mengajar di SMK Perwira Purbalingga. kalau belum saya langsung ngurus ke lpmp bagaimana bisa ga? kalau bisa administrasi apa yang perlu saya persiapkan.

    BalasHapus
  29. gimana kros chek data nuptk saya !!! mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  30. Silahkan dji cek ke operator NUPTK di dinas kabupaten

    BalasHapus
  31. maaf,,, nuptk saya qo blm kluar jg y... tpi yg laen kluar'y cpet banget

    BalasHapus
  32. Cek di opertaor nuptk didaerah

    BalasHapus
  33. udh dcek,, mmang blm kluar... tpi knp pnya sya wlpun sdah lama pngajuannya blm kluar,,sdangkan yg lain bru satu bulan sudah kluar. dmn itu letak prmaslahannya???,

    BalasHapus
  34. Ketika saya wiyata bhakti sudah mempunyai NUPTK,sekarang sudah PNS , tapi tempat tugasnya berbeda/lain kecamatan...saya chek NUPTK sya masih di tempt tgas yang dulu,,apakah NUPTK msh berlaku? dan bagaimana agar di tmpt tugas yg baru pnya NUPTK? trimakasih..

    BalasHapus
  35. Nuptk masih berlaku, lakukan update di opertor nuptk di dinas pendidikan

    BalasHapus
  36. bagaimana c sbnernya dari dlu ngurus nuptk susah tanya diknas ktnya ke depag kata depag ke diknas jadi bingung..

    BalasHapus
  37. Ke depag ketemu siapa dan kedinas ketemu siapa itu mempengaruhi jawaban. Coba cari langsung operatr nuptk

    BalasHapus
  38. klo pngajuan NUPTK bulan Desember 2011, kira-kira kpn kluar'y??

    BalasHapus
  39. programnya download dimna ia
    descoda.blogspot.com

    BalasHapus
  40. http://http://118.98.221.43/

    BalasHapus
  41. ASS.. saya guru PNS di daerah kabupaten aceh tenggara prov aceh.. saya sudah mengajukan pembuatan UNPTK dari bulan september 2011, setiap bulannya sllu saya cek tapi sampai sekarang blm jadi juga.. . terahir saya tanyakan di awal bulan april 2012 ini katanya pembuatan UNPTK untuk sementara di tutup sampai bulan oktober mendatang dikarenakan tidak ada dana..

    sebenarnya bagaimana prosedur pembuatan NUPTK itu sendiri??

    BalasHapus
  42. Sama nasib kita, renate...
    Saya di Lampung. 3 tahun berturut-turut juga menyerahkan data untuk NUPTK dan tidak pernah dibuatkan. Katanya nanti akan dibuatkan pada tahun 2014. Jadi, sudah 8 tahun mengajar tidak punya NUPTK deh. KAlau dibuatkan tahun 2014, berarti nanti akan menjadi 'guru gelap' selama selama 10 tahun. Sungguh aneh... ~____~"

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum, saya guru di Jawa Tengah yang mengajar di SD-SMP Satu Atap. Beberapa teman guru sudah mendapat NUPTK berdasarkan nama instansi SD-SMP Satu Atap tapi mereka juga memiliki NUPTK berdasarkan nama instansi SMP N Satu Atap. jadi, apa yang seharusnya kami lakukan karena memiliki NUPTK ganda?

    BalasHapus
  44. Langsung menghubungi operator nuptk di dinas

    BalasHapus
  45. Ass... saya guru di Tasikmalaya, sudah mengajukan NUPTK tahun 2010 sedangkan masa kerja saya sudah hampir 5 tahun. teman saya yang masa kerjanya lebih sedikit dari masa kerja saya sudah mendapatkan NUPTK, saya tanyakan ke UPTD se tempat jawabanya belum keluar dari sananya.. jawabannya menurut saya kurang masuk akal.. apa saya harus mengajukan kembali atau menunggu sampai NUPTK keluar?

    BalasHapus
  46. aslm.....saya mau tanya knpa no nuptk sya belom keluar pak..pdhl sdh 3 tahun mengajukan tp blom keluar jg...mohon pak bantuanya untuk mencarikan no nuptk saya atas nama heri mulyanto sdn 03 pekiringanalirt kec kajen kab pekalongan,trimakasih.....

    BalasHapus
  47. assalamu'alaikum, pak saya guru di SDN Kalisari 3 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, saya Mau tanya, saya sudah mengajukan NUPTK dua kali namun belum juga keluar, apa saya harus mengajukan lagi atau nunggu?

    BalasHapus
  48. Langsuung hubungi operator nuptk saja pak

    BalasHapus
  49. saya guru di SMA N 2 Sukoharjo saya sudah mengajukan NUPTK 3 kali selama 1,5 tahun belum keluar juga,saya juga sudah menghubungi operator NUPTK di kabupaten beberapa kali hasilnya juga sama saja,,apa saya harus mengajukan lagi? terima kasih

    BalasHapus
  50. Sudah berapa tahun jadi guru?, kemungkinan NUPTK sedang di utamakan yang akan sertifikasi

    BalasHapus
  51. jadi guru sejak tahun 2011 sesuai SK CPNS januari 2011......

    BalasHapus