Selasa, 24 Juli 2012

CARA MENYUSUN REKOMENDASI EDS

Untuk menyusun rekomendasi langkah langkahnya adalah :


  1. Buka file EDS lihat pada Sheet 7. Rekapitulasi


  2. Cari pada indikator yang yang berwarna kuning



    Contoh : pada 1.1.1.2.0 : Sekolah melaksanakan pengembangan kurikulum dengan melibatkan unsur guru, konselor, kepala sekolah, komite sekolah, dan nara sumber, dan pihak-pihak lain yang terkait.


  3. Copy kan isi dari Indikator kedalam format rekomendasi di kolom Indikator



  4. Pahami bahwa dalam satu indikator(I) terdapat banyak pertanyaan(tanya) yang menentukan hasil dari indikator (I).



  5. Cari pada baris tanya yang berwarna kuning

    Contoh : Siapa saja yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu?


  6. Setelah ketemu, cari ke instrument di pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang membuat hasil rekap menjadi kuning

    Contoh : Lihat pada instrument Kepala Sekolah


  7. Lihat pada pertanyaannya dan hasil jawaban



Contoh : Pada pertanyaan 2. Siapa saja yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu?

Dari 6 unsur yang ada ternyata pada unsur Konselor atau unsur perguruan tinggi belum di libatkan. (dengan indikator jawaban masih o). Pernyataan ini di masukan ke dalam kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN





  1. Untuk tahapan pencapain lihat pada Kolom Rating di hasil Sheet 7. Rekapitulasi. (untuk yang ini saya agak kurang paham teorinya), dibawah SNP angka pencapainya 1


  2. Untuk mengisi kolom REKOMENDASI PENINGKATAN / PENGEMBANGAN bisa menggunakan kalimat sendiri atau melihat dari kalimat yang ada dalam Manual Mutu Pada SD





  1. Untuk mengisi kolom PROGRAM, gunakan daftar PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS

    PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS:

    1. Pengembangan kompetensi lulusan (bidang akademik dan non akademik) (SKL)

    2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)

    3. Pengembangan pembelajaran (Standar Proses)

    4. Pengembangan sistem penilaian (Standar Penilaian)

    5. Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)

    6. Pengembangan sarana dan prasarana sekolah (Standar Sapras)

    7. Pengembangan manajemen sekolah (Standar Pengelolaan)

    8. Pembinaan kesiswaan/ekstrakurikuler (SI, SKL, SP, Penilaian)

    9. Budaya dan lingkungan sekolah (Sarpras)

    10. Penanaman karakter (budi pekerti) (SKL, Standar Proses, SI)

    Contoh : Program no 2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)


  2. Untuk mengisi kolom KEGIATAN, gunakan kalimat yang mengarah pada suatu kegiatan misalnya : Sekolah mengadakan workshop penysusunan kurikulum.

  3. Hasil sementara





  1. Setelah terisi semua lihat lagi pada Sheet 7. Rekapitulasi. Selain kelemahan pada keterlibatan konselor ada satu pertanyaan lagi yang bisa kita Identifikasi yaitu pada pertanyaan : 1.1.1.2.4 :
    Program pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme



  2. Cari ke instrument di pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang membuat hasil rekap menjadi kuning (seperti langkah ke 6)

    Untuk mencari kelemahan pada pertanyaan Program pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme, Kita cari kedalam instrument kira kira bagian mana dari jawaban kita yang belum sesuai dengan standar yang seharunya sehingga membuat hasilnya masih berwarna kuning. (untuk hal ini tentu kepala sekolah lebih mudah mencarinya)


  3. Masukan hasil temuan kita di kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN, ubah menjadi kalimat yang sesuai, Contoh : Program pengembangan kurikulum sekolah belum melakukan analisis Expert (pertimbangan ahli)




Hasilnya.

 

Silahkan ulangi langkah 1 sampai 15 untuk semua Indikator yang berwarna kuning.

Jika masih bingung silahkan hubungi

Abimanyu


abi@lpmpjateng.go.id

 

Trik Dan TIP

  1. Isi semua jawaban dengan 1 untuk ya atau 0 untuk tidak. Jangan sampai kosong atau di isi dengan karakter lain (-).


  2. Jika pada grafik standar PTK tidak Muncul seperti ini



    Solusinya, pada Sheet Isian Data Dasar bagian B. TENAGA ADMINISTRASI dan C. TENAGA PUSTAKAWAN harus diisi, jika memang tidak ada cukup diisi dengan angka 0 (nol)


14 komentar:

  1. Dah ktmu skrang ya .. xixi... tinggal buka segel luas dan lebar kelas pak...

    BalasHapus
  2. Luas dan lebar memang masih masalah, gak bisa dibuka.. Sudah upload file eds belum?

    BalasHapus
  3. klo menentukan prioritasny gmn tu pak..

    BalasHapus
  4. Diurutkan dari yang terpenting ke yang gak begitu penting

    BalasHapus
  5. berarti prioritas diambil dri rekomendasi di kolom program dan kegiatan???trs bru diurutkan..gtu y pak..mf klo bnyk tanya..cm mo memastikan sja..tkt klo pekerjaan sya jadi sia-sia klo salah..mksi bnyk

    BalasHapus
  6. Betul seklai, mana kegiatan yang menurut sekolah harus lebih dulu diprioritaskan

    BalasHapus
  7. mf pak nanya lagi...untuk menentukan program di semua indikator yang ada di standar isi sma smua y pak..(berdasarkan progrm sekolh)

    BalasHapus
  8. a budi pangkasepna16 Agustus 2012 pukul 17.46

    diisi dengan karakter lain juga bisa ko mas ( - )

    BalasHapus
  9. Kalo panduannya pakai 0 nanti di sel tertentu berubah jadi karakter (-)

    BalasHapus
  10. sekedar info mas, ternyata rumus dalam instrumen EDS banyak yang salah sehingga berpengaruh pada rekapitulasi hasil EDS dan penyusunan rekomendasi. Sy telah mencoba membongkar proteksi sheet instrumen EDS, dan saya dapatkan banyak kesalahan rumus dalam instrumen EDS tsb

    BalasHapus
  11. Betul sekali pak, memang masih belum sempurna dan kita pun tidak tau logic pemrogramannya mau seperti apa.

    Paling tidak kita bisa kira2 suatu indikator menjadi kelemahan karna faktor apa.

    BalasHapus
  12. Nyusun RKS kan sudah biasa dilakukan oleh sekolah. Bedanya dulu sekolah menyusun RKS tidak punya dasar. Setelah ada EDS, sekolah dalam menyusun RKS berdasarkan hasil EDS.

    Format RKS mengikuti format yang sudah dipakai sekolah atau sesuai panduan BOS

    BalasHapus
  13. tolong kirimkan filenya pak Contoh format rekomendasi kekuatan dan kelemahan yang telah selesai pada jenjang sekolah dasar untuk saya jadikan contoh, atau alamat webnya saja.

    BalasHapus