Rabu, 08 Agustus 2012

Upgrade LG Optimus One P500 ke Android 2.3 Gingerbread

Setelah sekian lama berburu android murah untuk di jadikan akses point, Alhamdulillah dapat LG Optimus One P500 bekas, lumayanlah harga hanya selisih sedikit dengan wifi wireless router merk Huawe. Saya pikir daripada beli wifimini router yang hanya berfungsi sebagai akses point, akan lebih baik beli HP android saja, selisihnya tidak banyak, apalagi kalo mau yang merek China.

Singkat kata setelah mendapatkan HP LG Optimus One dengan OS Android 2.2 Froyo, timbul juga keisengan untuk mengutak atik, berdasarkan pengalam mengutak atik blackberry curve CDMA 8330 yang tutorialnya bertebaran di internet, saya mempunyai kesimpulan, jangan langsung percaya dengan satu tutorial, apalagi bukan berasal dari website resminya. Banyak tutorial yang mengajarkan berbagai cara tetapi saya percaya website resmi pasti menyediakan cara upgrade yang sesuai prosedur secara aman. (itulah kenapa saya lebih memilih merk LG tapi bekas ketimbang merk cina baru dengan harga yang sama spesifikasi hardware yang sama)

Kenapa harus upgrade OS, karena seperti halnya komputer sebuah smartphone juga memerlukan upgrade untuk memperbaiki bug atau membuat lebih baik sistem operasinya. Kelebihan OS 2.3 Gingerbread adalah :

  • More faster and neat.
  • Better text editing.
  • Gingerbread Keyboard.
  • Better SIP integration that helps to make internet calls easily.
  • Improved features than LG Optimus P500 like camera drivers and NFC. Screen images of Android 2.3 Gingerbread-
  • This upgradation will make your phone unrooted so check on this if you want rooting still in Gingerbread in your LG optimus.
  • Jika ponsel LG anda di Lock (dikunci operator tertentu) maka perlu mempertimbangkan hal ini dengan menanyakan ke operatornya.

Langkah mengupgrade

Siapkan sebuah laptop dan koneksi internet untuk mengupgrade software, kemudian Buka alamat resmi dari LG Phone

http://www.lg.com/in/support/mc-support/mobile-phone-support.jsp

akan muncul pilihan, pilih merek hanphone, dalam hal ini P500, kemudian kita download "Windows USB driver" dilanjutkan dengan tool untuk mengupdate OS yaitu "Sofware Update"


Setelah file terdownload jalankan keduanya dengan kondisi handphond tidak terkoneksi dengan komputer.


Setelah selsai proses intalasi, koneksikan LG P500 ke komputer, software LG Phone Update totomati akan mendeteksi handphone dan mencari software update untuk handphone anda. Tunggu sebentar, jika sudah muncul tulisan Phone Connected lanjut tombol Start Updating, tekan tombol tersebut untuk memulai Upgrade software.



 


Akan ada 4 proses yaitu Analysis, Download, Update, dan terahir Complete. Setiap tab mewakili proses yang sedang berlangsung. Di tunggu sampai semua proses selsai,


Pada saat proses UPDATE, handphone akan restat beberapa kali, dalam mode emergency, biarkan saja sampai proses selesai. Setelah COMPLETE, klik tombol exit dan hidupkan handphone LG Optimus One P500 dengan OS 2.3.3 Gingerbread.

Lakukan setting awal lagi.

1 komentar: