Rabu, 07 Maret 2012

Update BB Curve 8330 CDMA Smartfren

Maksud hati ingin menfasilitasi teman teman dalam kepemilikan blackberry curve 8330 smartfren, mumpung lagi ada promosi. Dengan harga 800rb, sudah gratis 3 bulan untuk BIS sosial, tawaran yang menggiurkan. Apalagi difasilitasi dengan cicilan bungan ringan. Hanya 100rb perbulan. Singkat cerita BB diantar ke kantor oleh petugas dari Smartfren. Di bantu diaktifkan ditempat. Dicoba dijalankan BBM, faslitas andalan Blackberry. Ketika docoba Sudah jalan semua dan bb sudah dipegang pengguna masing masing baru muncul masalah, dari 8 buah bb curve 8330 yang dibeli semua dalam kondisi software yang belum terupdate. BBM masih versi 4, apllikasi facebook, tweeter dan yahoo belum terinstall.

Karena saya yang mengompori untuk membeli, juga karena background ICT mau gak mau tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang ada. Telpon ke 888 service center fren tidak membantu. Telpon ke custumer service atau teknisi service center di semarang malah gak tau bedanya versi software (payah). Sempat pusing juga karena dah lama gak pake BB, terahir pakai sudah hampir 2 tahun yang lalu.

Langkah pertama seperti biasa buka mbah google, banyak saran di forum langkah2 upgrade bbm dan instal aplikasi. Download banyak file. Sayangnya ternyata banyak saran yang ada diforum tidak bisa dijalankan karena error di salah satu proses. Dah gak kehitung banyaknya file yang di didownload dan coba dijalankan. Kalo gak filenya yang error file cod yang tidak cokcok untuk versi BB.

Ternyata setelah mencoba berbagai update dan instalasi. Solusi untuk upgarde BB curve 8330 smartfren sangat mudah sekali. (jangan mengulang kesalahan penulis, terlalu baca banyak forum dan artikel malah cari crack/ jalan belakang untuk upgrade). Install manual salah versi terus. Yang betul ternyata, Gunakan cara resmi dari produsen blackberri dalam hal ini RIM yaitu menggunakan Dekstop Manager dan upgrade secara online.

Langkah upgrade OS Blackberry Curve 8330 Smartfren :
1. Persiapkan komputer yang masih sehat windowsnya. (gunakan laptop atau pc dengan ups untuk menghindari kegagalan karena listrik mati. Kegagalan ditengah proses upgrade akan membuat blackberry rusak secara program. Dan butuh proses panjangan untuk memperbaiki).
2. Download dan install Dekstop Manager (DM) versi terbaru.
3. Koneksi internet yang stabil (download upgrade file terbaru sekitar 204-350 file)
4. Colokkan BB ke komputer menggunakan kabel data.
5. DM otomatis akan mendeteksi upgrade OS Blackberry terbaru. Jalankan langsung pembaruan
saja
6. Ikuti langkah yang ada sampai muncul peringatan upgrade sudah selesai.

Setelah software OS terupdate dilanjutkan dengan menginstal/mengupgrade aplikasi secar OTA (On The Air). Yang ternyata walaupun paket BIS Sosial di beri akses untuk download/upgrade aplikasi secara online. 6 Blackberry sudah beres dengan cara ini.


Sedangkan yang 2 bermasalah, BB Curve 8330 Sprint/Verizon Smartfreen, selalu gagal dalam menginstall aplikasi tambahan dan upgrade BBM. yang BB satunya malah tidak muncul tombol shortcut sama sekali walaupun sudah di upgrade OS versi terbaru. Dari sini saya simpulkan dari 8 blackberry CDMA Smartfren Curve 8330 (campuran antara sprint dan verizon) kelihatannya sama tapi ternyata beda-beda.

menginstall BBM dengan destop manager versi standarnta untuk curve 8330 yaitu BBM versi 5.0.2.12 malah membuat shortcut BBM menjadi hilang.

Akhirnya setalah berekperiment dengan berbagai versi BBM, dari http://yorafriano.blogspot.com/2009/01/link-download-application-blackberry.html

untuk 2 blackberry Curve 8330 Smartfern yang bermasalah, bisa di install blackberry mesengger dan berjalan normal melalui Dekstop manager tidak dengan versi standar 5.0.2.12 tapi dengan menggunakan versi BlackBerry Messenger 5.0.1.41.


Alhamdulillah dari 8 bb sudah online semua. Siap BBM-an dalam rangka mempermudah koordinasi antar staf.

112 komentar:

  1. Pak mau tanya Untuk BB Curve 8320 dari smartfreen informasinya kemana ya, saya tinggal di Cilacap. makasih

    BalasHapus
  2. Pak mau tanya Untuk BB Curve 8320 dari smartfreen informasinya kemana ya, saya tinggal di Cilacap. makasih

    BalasHapus
  3. di cilacap ad distributornya mungkin, kalo gak ada coba ke purworejo, kalo di semarang sudah banyak yang jual.

    BalasHapus
  4. halo haloo,,sya baru beli 8330 kmarin di JT,, oya,saya juga mau downdload dan instal program2 update utk BB ini,,brti hrus instal Desktop Manager dlu ya??

    BalasHapus
  5. Iya, usahakan dekstop manager yang baru

    BalasHapus
  6. kira2 kalau mau instal aplikasi facebook + twitter biayanya brp ya?

    BalasHapus
  7. tinggal download dekstopo manager yang baru, terus update secara online, download aplikasi yang di inginkan lewat link yang saya tuliskan di atas.

    BalasHapus
  8. rencana mau beli 8330 smartfren..ad tips g?kbetulan ak jg domisili semarang,ap petugas smartfren mau mmbantu melakukan upgrade t tempat?

    BalasHapus
  9. Kayaknya gak bisa, soale waktu pertama kesulitan mereka menyarankan ke kounter hp buat upgrade/ isi aplikasi.

    BalasHapus
  10. [...] lpmp on Update BB Curve 8330 CDMA… [...]

    BalasHapus
  11. punya Bapak OS nya yang versi brapa buat BB 8330nya?

    BalasHapus
  12. V 4.5.0.191 (platform 3.4.0.6.2)

    Kemaren aku install curve 8330 cdma ada 3 versi yang berbeda, lebih baik install dari dekstop manager Aja

    BalasHapus
  13. salam kenal
    saya pake bb 8330 cdma smartfren dan ada tulisan us cellular, saya sudah coba upgrade via dekstop manager akan tetapi tidak terdapat file updatenya ada solusi lain gak?

    BalasHapus
  14. maksud saya update untuk os nya menjadi os 5

    BalasHapus
  15. buat agan yg terhormat,,,sya mau nanya klo os bb 8330 paling tinggi 5.0.berapa y gan???thx

    BalasHapus
  16. setahu saya maksimal di 4.5.0 lebih dari itu rantan error...

    BalasHapus
  17. Gan kalo bb 8330 bisa pake flexi ga yah

    BalasHapus
  18. Setahu saya bisa, tetapi flexy belum punya paket BIS, jadi mungkin sebatan sebagai telpon biasa..

    BalasHapus
  19. pak 8330 sprint inject smart saya gk bs memakain bbm V.5.0.2.12 dan selalu heng ketika dihidupkan, tp kl make bbm v.4.5 gk bs masang display pict
    berarti saya mesti download BlackBerry Messenger v.5.0.1.41..?
    bisa tolong kirimkan ke email saya pak ke load_complete@yahoo.com soalnya di situs blackberry sudah tidak bs di download
    terima kasih..
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  20. saya baru beli blackberry 8330 Aha
    sama sekali ga bisa download app world padahalm udah didaftarin bis nya
    jbgn kan app world,bbm,facebook katanya bb ku ga cocok ma aplikasinya

    tolongin gan

    BalasHapus
  21. Coba versi lain gan, banyak versi bbm versi 5, silahkan menuju link yang ada diatas, ane pas beli 8 bb 8830 install bbm versi 5 nya beda beda, dicoba satu dulu gak jalan didelete, intall yang lainnya lagi sampai ketemu yang pas

    BalasHapus
  22. Download manual aja gan.. Di artikel sudah ada link buat download macem2 versi aplikasi

    BalasHapus
  23. gan mau tanxak,,,,,bb 8330 gak bisa dikasi driver wifii a gan?????ato ad cara laen,,,,tolong klo ad saran kirim ke email saya y mgan " arfandieko@yahoo.co.id " trimz gan

    BalasHapus
  24. Α̲̅Ķϋ beli bb curve 8330 baru sekitar 1minggu Чğ‎ lalu. Dan sekarang shortcut bbmnya dah ilang. Hrs gimana nich?

    BalasHapus
  25. mas bisa ketemuan ga ? saya punya problem yg sama.. boleh saya minta tolong? contact saya di 085641131316.. saya bole minta contact njenengan?

    BalasHapus
  26. kalo bb 8530 smartfren gmana mas? Sama ga langkahnya . . .

    BalasHapus
  27. Silahkan ke lpmp jawa tengan, cari saja abimanyu

    BalasHapus
  28. Install lagi aja bbmnya pakai cara manual

    BalasHapus
  29. Gak ada gan, emang gak ada hardwarenya

    BalasHapus
  30. Mas klo bb 8530 Aries di injek flexi cuma utk telefon / sms bisa gk...? trima kasih.

    BalasHapus
  31. sy sudah pnya BB smartfren 8330,.slm 2 hr,.mw tNYA KENapa hr ketiga batre d layr bb tiba2 merah,.trus law d cas batrenya ttp merah,.sdngkn batrenya g bertambah,..saya heran,.pdahal baru beli,.d bw k produsenya,.sdh bz,.besoknya kembali sperti semlm,.d cas batrenya g nambah,.dn ttp merah.sy hrp blzn dn solusinya,.terimakasih!

    BalasHapus
  32. kalo saya download upgrade BBM/FB lewat komputer bisa? trs ntr di pindahin ke BB?

    BalasHapus
  33. Bisa, emang itu salah satu cara

    BalasHapus
  34. om. Hp ni bsa kayak hp mdem xtreame gag?
    Bsa ol sbgy mdem walau dgan paket palg murah..

    BalasHapus
  35. Dicoba untuk nrcharge bb sebelum indikator di bawah 10%

    BalasHapus
  36. klo buat bb 8530 inject smartfren sama ngga caranya ...??? dan klo pake DM versi 7.0 bisa ngga ...???

    BalasHapus
  37. BB 8330 SAYA MUNCUL INI ketika download fb knpa yah..?
    sorry your device does not meet the system requirements that are needed to support facebook

    BalasHapus
  38. Gan aq mau tanyak knp download facebook dan opera mini kok gk bisa di blackberry cuver 8330 smartfren,klau bisa cara gimana?.

    BalasHapus
  39. Download lewat komputer kemudian install lewat dektop manajer

    BalasHapus
  40. Versi facebook yang di install mungkin salah, coba uninstall kemudian ganti versi di bawahnya

    BalasHapus
  41. Gan gw bli bb 8330,nd udh dpt 2 hari gx bz pke buat buka youtube???
    Nd gw cek paket yee mci ad gan...
    So solusi yee gmn gan???

    BalasHapus
  42. sama ni bbm mah udah diaktifin tinggal yg facebook,yahoo dan lain2

    BalasHapus
  43. mau install lewat komputer windowsnya udah kena peringatan ilegal dan gak tau ada virus apa gak,aman ga k ya

    BalasHapus
  44. saya sudah coba update OS nya V 4.5.0.191 (platform 3.4.0.6.2) dan berhasil.. setelah itu saya update bbm nya ke versi bbm_5.0.1.41_8700_4.5.0.124 yang saya download dari web yang mas dan berhasil di instal. Tetapi icon blackberrynya tetap belum muncul.
    Mohon pencerahan mas..

    BalasHapus
  45. Aman saja vak masalah, virus komputer ama bb beda

    BalasHapus
  46. Kemungkinan PIN kena sunoend, kalo dah seperti ini bawa ke operator

    BalasHapus
  47. Terima kasih mas penjelasannya. Alhamdulillah saat ini masalahnya sudah tertangani. Setelah bongkar-bongkar, akhirnya saya tahu jika ada bagian dari software 5.0.20 yang hanya kompetible jika dilakukan instalasi dengan software terbaru. Namun saran buat temen2 yang menghadapi masalah yang sama, perhatikan service book. Delete seluruh service book sebelum instalasi upgrade bbm nya.

    BalasHapus
  48. gan..mau tanyak ...gimana cra nya buat BB smartfren biar bisa telpon???
    tnyak di grai nya jwaban nya muter" tpi ttep gak bisa gan... jdi binggun...tolong bantuan nya gan.. thank's

    BalasHapus
  49. Masalah koneksi mungkin

    BalasHapus
  50. Jarang banget, biasanya bisa nelpon gak bisa

    BalasHapus
  51. mau tanya,ane pake bb us cellular,pas download fb g bisa,tp twitter bs..gmn yah cara download fb dr bb smart,maklum baru pegang bb..trmksh..

    BalasHapus
  52. Download fb nya pakai komputer di link yang di sediakan kemudian install pakai dekstop manager

    BalasHapus
  53. Maaf kalo bb 8330 cdma smartfren yang us cellular os nya bisa di upgrade jadi v5 ngga? Mohon balasannya ya

    BalasHapus
  54. Gak bisa maksimal di 4.5

    BalasHapus
  55. gan, dimana saya bisa download file upgrade untuk yang V5 nya??? kasi linknya gan..

    BalasHapus
  56. kira kira kalo pake BB cdma Smart Fren kaya gini... bisa BBMan sama BB yang GSM ngak

    BalasHapus
  57. http://j.mp/N4zCfA?8g2

    BalasHapus
  58. bb 8330 hang trs pada saat nuli sms pada huruf h,h,b,y,j selalu muncul huruf tg dan trs hang, coba batre tak cabut kadang bisa normal lg, kadang hang knapa ya pak? Kabel data yg bisa konek dari laptop ke bb 8330 jenis apa y? mau coba up grade tapi gak konek? trima kasih

    BalasHapus
  59. gan kira2 klo di jakarta pembelian curve 8330 dmn ya

    BalasHapus
  60. OS bb curve 8530 smart v5.0 kan? bisa di upgrade lagi ngga? kl bisa, sampai versi brp?

    BalasHapus
  61. Ya mesti bisa, iphone juga ada yang cdma kok

    BalasHapus
  62. Keyboard error itu, biasanya kerena kena air, bisa dri keringat atau hal yang lain

    BalasHapus
  63. mas saya baru beli 2 bb 8330.....saya g mudeng sama sekali bb
    os nya tau dr mana dll
    pertanyaan saya
    apakah bb saya harus di upgrade atau g dilihat dr mana?
    makasih

    BalasHapus
  64. sms/tlp k saya di 081809598585

    BalasHapus
  65. Colokin komputer yangterinstall dektop manager, kalo muncul deh peringatannya

    BalasHapus
  66. mas sy br beli bb 8330 cdma.. BBM oke..
    Tapi ko ga ada aplikai Facebook, Twitter, browsernya ga ada??
    Bingung makenya... Dmn sy cr menu browsernya.. Sy kotak katik ngga ketemu2..
    Dan kalau download gmn caranya..?? sedangkan browsernya saja tidak ada.. Mohon di jawab, terima kasih banyak..

    BalasHapus
  67. mas saya baru beli bb 8330 cdma..
    trus saya sudah paketin bb saya yang paket satu bulan, tapi knpa ya BBM annya pending mulu,, nge add temen pun pending trus..

    satu lagi knpa tidak ada aplikasi BROWSER di menu hp saya,, dan tidak ada APPblackberryworld,,?? dimana saya mencari menu BROWSERnya itu,, pedahal di file aplication data BROWSERnya tertera..
    Mohon Bantuannya,, terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  68. Mungkin ke hiden, klik menu pilih show All, atau kalo memang tidak ada, intall sendiri saja menggunakan Dekstop Manager.

    BalasHapus
  69. sama dengan coment di atas, kemungkinan ke hiden, tenakn tombol menu - show All. kalau paket bis full, lansgung aja install secara on air, kalo tidak install menggggunakan dekstop manager.

    BalasHapus
  70. sudah mas, sudah saya show all tapi file yang bertambahnya.. Cuma compose dengan save messages..

    Browsernya msh belum ditemukan.?

    Yang buat saya bingung knp bbm_annya pending terus dr pertama sy beli pedahal sudah sy aktifin,, sy pake paket on social yg bisa BBM, Facebook, Twitter..

    Apa harus di upgrade dlu ya mas bb sy nya??

    BalasHapus
  71. dimana y saya bisa dapetin 8330 ini...

    BalasHapus
  72. dimana y saya bisa dapetin 8330 ini di Jakarta,,,

    BalasHapus
  73. gan help me.. bb 8330 saya ga bisa idup hank warna putih aja terus ada jam pasirnya solusinya bagaimana?? makasih agan2

    BalasHapus
  74. coba di lepas batterenya terus di konekan ke pc menggunakan kabel tanpa battere terpasang, kemudian install ulang os nya.

    BalasHapus
  75. mas, saya ga sengaja tekan tombol apa gitu yg bikin akhirnya remove semua aplikasi dan menu. jadi, layarnya blank gt. udah berhasil di install ulang sih. tapi di tampilan awal bagian shortcutnya ga muncul dan kalo di klik di menu instant mesaaging, entertainment, communites coba ada tulisan ok tanpa bisa dibuka. solusinya gimana ya? makasih

    BalasHapus
  76. mau tnya nih.. hrga bb 8330 yg asli brp ya? kok sy ditawari bb baru dg hrga 450rb? tkutny bm'an nihh
    mohon blsannya. trims

    BalasHapus
  77. Segitu emang harganya, yang aries (gemini cdma) saja sekarang 650-750. Lihat harga di tokobagus.com

    BalasHapus
  78. Install lagi saja aplikasinya, download dari link yang sudah ada diatas

    BalasHapus
  79. tanya lagi mas sekarang keypad gak fungsi sama sekali, kalau track pad bisa digerakan,
    dah tak cabut batrenya lama, ternyata gak fungsi juga key padnya,
    sms,bbm numpuk gak bisa di buka,
    tadinya utk foto2 file penuh dah di pndah ke laptop.
    coba tak upgrade pake desktop manager tetap aja
    knapa ya mas? mohon penjelasannya. trima kasih

    BalasHapus
  80. Gan saya mau nanya kan saya baru beli bb 8530 smart tapi ko bbm nya pending terus ??
    Terus browser juga nggak jalan , itu kenapa ya ??

    BalasHapus
  81. klo udah buka desktop manager trus gmana cara mengistal browsernya ... terimakasih om sebelumnya ...

    BalasHapus
  82. Bisa juga langsung diupgrade OS nya sekalian

    BalasHapus
  83. Kayaknya masalah koneksi, kemungkinan terburuk... Pin suspend

    BalasHapus
  84. ce,kl misalya mnt install.in OS.di custumer service bsa gak??oh yaa ce gw gk bsa imstall theme.kan aku udh beli theme udh aku download lah wktu di psang g bisa?gtu tu caranya gmn ya?

    BalasHapus
  85. Tepatnya sebenarnya di service center blackberry. Kalo masalah theme ada beberapa kemungkinan, bisa hasil download tidak sempurna, theme yang tidak cocok atau bisa juga memory bb yang kepenuhan.

    BalasHapus
  86. gmn cara berhenti dari aplikasi wi- fi coneksi bb 8330, dr bb menyarankan please contact your service provider to upgrade your data plan? utk hubungi service provider jg gak bisa? service provider jg gak tahu alamatnya?mohon bantuannya trima kasih.

    BalasHapus
  87. curve 8330 sprint saya mau di upgrade menjadi os 5 ko yg ke upgradenya cuman sytem corenya aja ya gan kalo softwarenya ga up jadi 5
    mohon sulusi ya gan

    BalasHapus
  88. Brooo, gw mau tanya?!
    Gue pake  BlackBerry 8330 cdma yg sprint,tolong dong kasih tips cara lengkap buat upgrade OSnya yg ga monoton.. Bete gue brooo, terkadang module ga lengkap..bisa dikirim ga ke email gue (onyongg@gmail.com), thanks banget nih broo?!!!

    BalasHapus
  89. Gan..mo nanya neehh..klo d pake bbm-an trus trima bbm ring tone mati gak bunyi cuma lampu aja yg idup kelip2...gw pencet barengan ALT+DEL+aA bisa kmbali normal, trus gitu lagee klo trima bbm bnyk mati lagee....knapa ya Gan...?? Mhon pencerahan ya.. TQ

    BalasHapus
  90. Memang hanya corenya saja, aplikasi tetep install tersendiri. Tinggal install pake dekstop manager

    BalasHapus
  91. Tinggal colokin komputer yang udah terinstall dekstopmmanager terbaru beres gan...

    BalasHapus
  92. Kayaknya OSnya germasalah, install ulang aja atau sekalian di upgrade versinya

    BalasHapus
  93. Trus ga kalo os 5 kn bootingnya yg screennya item ya ada logo bb trus di bawahnya ada indikator loading nah meskipun corenya uda versi 5 ko bb 8330 sprint saya tetep ya bootingnya jam pasir BBM nya juga ga bisa UPgrade jd bbm mas kenapa ya????
    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

    BalasHapus
  94. Ini pake OS v 4.5.0.169 platform 3.4.0.51 soale type 8330m kan gak bisa upgrade ke OS v 5....???? Musti upgrade OS v 4 lagee ya Gan.... TQ

    BalasHapus
  95. Os versi 5 ada banyak, untuk masing2 type bb kayaknya beda. Setahu saya untuk 8330 rilis resminya hanya sampai 4.5. Coba pakai vesri resmi install pakai dekstop manager secara online

    BalasHapus
  96. Iya sih gan resminya cuman ampe v4 tp dari 2 bb curve 8830 yang saya install cuman 1 bb yg ga bisa di upgrade gan mau install ulang v 4 aja harus pake os dari sprint nya langsung gan kalo yang dari RIM ga bisa gan aneh neh ma bb yg satu ini padahal saya beli nya 2 bareng bareng di satu toko pula tp yg bis upgrade cuman bb satunya lagi hehehe
    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

    BalasHapus
  97. penyakit BB aries BM yg paling menonjol apa ya gan?

    BalasHapus
  98. bb saya 8330 cdma sering lemot trus kalo buat invite contac terlalu banyak heng.. kalo udah heng saya cabut baterainya abis itu saya pasang lagi cuma bisa nyala putih trus ada jam pasirnya abis itu mati abis itu nyala lagi sama sperti tadi putih jam pasir trus mati lagi dan seterusnya spt itu... kenapa ya mas ya....

    BalasHapus
  99. It's hard to find well-informed people about this topic, but you sound like you know what you're talking about!
    Thanks

    BalasHapus
  100. saya br beli bb curve 8530 dan telah ikut paket hemat smartfren tp knp invite contactnya pending terus ya?

    BalasHapus
  101. salam kenal,, saya terkendala saat invite contact,, mungkin terlalu banyak yg di invite jd layar bb saya langsung putih dan keluar jam pasir,, tapi itu ga sebentar,, udah 2 hari layar bb saya ga ada perubahan,, saya pakai bb 8310,, bagaimana yaa cara mengatasinya,, makasii sebelumnya,,

    BalasHapus
  102. sebenernya kalo isa install dengan bner BB 8330 ke os 5 pasti normal semua gan oz dari RIM udah nyediain OS 5 Official buat bb8330
    ane udah install.in bb temen ane jadi 0s 5 n loadin booting.a udah tulisan blackberry n gag jam pasir agy....
    check my facebook photos @ edward anthony massen

    BalasHapus
  103. smartfreen blackberry 8530 saya, kalo mau buka fb,, ada pesan "APLIKASI INI TIDAK DIDUKUNG OLEH LAYANAN ANDA, APLIKASI INI HANYA BISA DIGUNAKAN DENGAN LAYANAN WIFI" gimana caranya agar saya bisa pake fb saya tanpa wifi ya pak??

    BalasHapus
  104. Dulu pernah ada masalah seperti itu tetapi beberapa tahun yang lalu. Permsalaha di versi upgrade aplikasi facebook yang membuat koneksi ke server facebook melalui AP yang sama dengan browsing sehingga pengguna paket sosial tidak bisa. Solusinya coba ganti versi aplikasi facebook di atasnya.

    BalasHapus
  105. saya punya BB 8530 smart fren , akhir2 ini gak bisa connect ke PC pakai kabel data, pakai bluetooth jg gak bisa, jd gak bisa kirim/copy file dari PC. gimana solusinya ?

    BalasHapus
  106. Coba ganti dulu kabelnya, atau kalo kabel sudah ganti masih belum bisa kemungkinan konektornya bermasalah, garansikan saja

    BalasHapus
  107. gimana cara download dekstop managernya gan untuk bb 8330..??
    mohon pencerahannya,, trims

    BalasHapus