Rabu, 22 Februari 2012

Kesalahan kecil yang sering terjadi pada pengisian LJK

Sekedar mengingatkan teman teman dan adik adik yang akan menjalani ujian menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK), penulis yang pengalaman sebagai pengawas, pemantau maupun yang menscan LJK. Banyak kesalahan kecil yang berakibat fatal terhadap nilai atau hasil kelulusan.

Sangat sayang sekali jika usaha maksimal untuk kelulusan gagal karena kesalahan kecil. Kesalahan kecil yang sering dilakukan peserta ujian yang mengunakan ljk adalah:
1. Identitas peserta tidak terisi/kurang lengkap. Kesalahan ini biasanya terjadi saat peserta terburu buru mengerjakan soal, berpikir untuk identitas bisa di isi di sela sela kegiatan mengisi soal. Pada kenyataannya sering kali kemudian pengisian identitas yang tidak sempurna membuat usaha kita sia sia. Memang setiap penyelengara tes akan mempunyai kebijaksanaan yang berbeda beda dalam mensikapi ljk yang kurang lengkap pengisian identitas. Jika peserta tes masih seputar seribu maka biasanya teknisi scan atau panitia akan berusaha mengisikan identitas pada ljk tersebut tetapi jika peserta mencapai ribuan maka ketidak adanya identitas akan dianggap ketidak mampuan peserta untuk mengerjakan ujian.

2. Kode soal/mapel/ujian. Kesalahan kecil ini sering kali juga terjadi. Dan efecknya sangat fatal. Bayangkan anda mengerjakan soal matematika tetapi karena kode soal salah maka kunci yang terapkan juga salah. Sehingga nilai nya kemungkinan akan hancur. Bisa juga kasusnya seperti ini, pekerjaan yang di pilih adalah pranata komputer tetapi salah mencentang pada fungsional dokter bisa berefeck pada standar nilai yang diharapkan. Jika pengolahan nilai mengunakan aplikasi komputer hasil akan di tolak.

3. Mencentrang kurang jelas. Banyak peserta yang menganggap remeh penggunaan pensil 2b. Padahal dalam proses scaning akan menjadi masalah. Kadang peserta walaupun sudah menggunakan pensil 2b tapi dalam proses menyilang atau menghitamkan kurang hitam maka hasil scan juga tidak maksimal.

Kesalahan kesalahan kecil yang sering terjadi seperti di atas sekali penulis temukan dalam proses scaning yang penulis lakukan baik untuk tes yang diadakan LPMP maupun dalam tes CPNS di provinsi Jawa Tengah.

Usahakanlah dalam mengerjakan ujian dengan menggunakan LJK usahakan dalam mengisi LJK perhatikan betul dalam mengisi identitas baik berupa nama, nomer tes dan identitas lainnya. Juga diusahakan dalam mengisi kode soal, kode mapel atau kode lainnya dengan betul. Pengisian jawaban diperhatikan betul apakah sudah cukup hitam atau belum. Usahakan tebal.

60 komentar:

  1. MKSH BNGET INFONYA...WALAU KAMI DAH TERBIASA MELAKSANAKAN TUGAS TERSEBUT TAPI KADANG KURANG MEMPERHATIKAN HAL SEKECIL ITU....KAMI MENGANGGAP ANAK2 SUDAH PAHAM...SEKALI LAGI MAKASIH SMOGA LBIH BERMANFAAT DAN ANAK DIDIK KITA DAPAT BERHASIL DAN SUKSES DALAM MENGHADAPI UN 2012.....

    BalasHapus
  2. Betul pak, perhatikan betul juga pemilihan kode soal. Karena biasanya itu yang menyebabkan siswa pandai gagal ujian nasinal.

    Pengalaman saya tiga tahun sebagai teknical support untuk scaning LJK ujian cpns kadang suka dilema kalo ada peserta yang salah isi. Disisi lain kasihan tapi aturan tidak boleh menghabiskan waktu untuk memperbaiki identitas.

    BalasHapus
  3. terima kasih akan saya teruskan info ini tuk anak didik kami yang tak lama lagi hadapi UN

    BalasHapus
  4. kalau salah mengisi mata ujian yang di ujiankan gmana? kemarin aku isi matematika padahal ujian bahasa indonesia tapi kode soal.a bener,aku takut ga lulus please komen.

    BalasHapus
  5. kalau salah mengisi mata ujian yang di ujiankan gmana? kemarin aku isi matematika padahal ujian bahasa indonesia tapi kode soal.a bener,aku takut ga lulus please komen

    BalasHapus
  6. kalo lupa memberi nama Mata ujian tapi sudah mengisi kode soal gmn??

    BalasHapus
  7. gimana kalau salah menuliskan tanggal ujiannya ??
    berakibat fatal gak ??

    BalasHapus
  8. Yg penting kode soal, seharusnya tidak masalah

    BalasHapus
  9. Yang gini bahaya, kalo memasukan kunci berdaasarkn kode soal maka bisa berabe, tapi biasanya Dibetulkan oleh pengawas. Mota gak masalah

    BalasHapus
  10. gimana kalau namanya yang keliru,,,,jadi kelirunya seperti ini:
    kemaren kalau gak salah saya keliru mengisi nama jadi dalam satu kolom saya isi dua huruf,nama saya eko saputro, pas saya nulis saputro nya huruf T nya saya letakkan di kolom huruf U sedangkan di untuk kolom huruf T kosong. Apakah hal seperti ini akibatnya akan sangat fatal sekali

    BalasHapus
  11. kalo nama masih gak papa, yang lebih penting nomer tes, kode soal dan kalau ada kode jurusan yang di tuju atau kode2 lainnya, makanya penting sekali mengikuti petunjuk yang ada.

    BalasHapus
  12. gimana kalo tanda tanganya pertama pake ballpoint terus ditebeli lgi pake pensil 2b .. apa itu bisa berpengaruh ?

    BalasHapus
  13. Gak masalah kalo cuma tanda tangan

    BalasHapus
  14. Mas aq mau nanya ni,, kalau misalkan ada 1 nomor soal di LJK yang belum trisi, apkah nomr2/jwaban2 d'bwahnya akan naik ya??

    BalasHapus
  15. Aq mau nanya ni,, saat aq mngerjakan soal un mtk, ada 1 nomor yang nggak aq isi,, apkah itu brbahanya y??
    Contoh : soal mtk kan ada 40,, 1-35 udah aq isi, nmun nomr 36 blum aq isi dan nomor 37,38,39,40 udah aq isi, apkah itu brbahya?? Pliss d'jwab dnk, aq tkut nggak lulus ni.

    BalasHapus
  16. saya mau bertanya, katanya kan lembar LJK itu harus bersih, tidak kotor dan basah, itu efeknya kemana ya ?
    sedangkan katanya komputer hanya membaca jika bulatan/contrengan kita sangat hitam..
    lalu apa gunanya mengisi identitas yang lain apabila yg dijadikan patokan hanya nomor tes dan kode soal ?
    jujur saja saya sangat malas mengisi identitas di LJK terutama nama, karena nama saya cukup panjang dan harus membulatkan sebegitu banyak huruf.. hehe

    BalasHapus
  17. sebenarnya kalau ljk basah / lembab bermasalahnya ketika proses scaning, karena kecepatan proses scan ljk bisa robek. sedangkan jika kotor akan membuat proses scaning menjadi tidak sempurna

    BalasHapus
  18. bagaimana jika pengisian namanya sedikit berbeda? misalnya nama saya Ani Rahmani Permata , di hari pertama saya menulis Ani Rahmani saja dan hari keduanya saya mengisi nama lengkap, apakah berpengaruh? mohon jawabannya

    BalasHapus
  19. pak saya mau tanya, gimana kalo penulisan nama di hari pertama dengan hari setelahnya berbeda. Misalnya di hari pertama nama terakhir tidak ditulis sedangkan hari kedua ditulis. Apakah scanner tetap bisa mengetahui itu adalah orang yg sama?atau mungkin akan menjadi dua orang yg berbeda? Mohon jawabannya pak

    BalasHapus
  20. kalau masalah nama sedikit berbeda cara penulisannya sebenarnya tidak apa apa walapun baiknya sama.

    Yang menjadi patokan biasanya NO Test/No Ujian

    BalasHapus
  21. Mas, mau nanya nih, kalo tanggal pelaksanaan ujiannya salah gimana? Berpengaruh terhadap hasil gak? Please di jawab

    BalasHapus
  22. lalu apakah yg akan terjadi dg ljk un saya nanti pak? Apakah datanya akan tetap masuk seperti kalau saya menulis nama lengkap atau mungkin nanti menjadi dua data yg berbeda? Mohon dijawab pak kebetulan saya juga peserta yg berasal dari jawa tengah

    BalasHapus
  23. Kalau lupa tanggalnya diisi gmna? Tlong dong penjelasannya

    BalasHapus
  24. kalo hanya tanggal tidak masalah, cuma memang lebih lengkap lebih baik

    BalasHapus
  25. klo saya udh ngisi kode soal dgn benar, tp sy ragu2 apa saya udh menghitamkan mata ujian dgn benar? gmn? sy takutnya salah menghitamkan mata ujian? Tks

    BalasHapus
  26. kalo sampai salah menghitamnkan kode soal termasuk bahay juga karena bisa memperngaruhi nilai. maka dari itu perhatikan hal tersebut lain kali

    BalasHapus
  27. mau tanya...kalau lupa mengisi kode mata pelajaran yang diujikan,apakah nilainya bisa keluar?

    BalasHapus
  28. Trrgantung penyelengara, ada penyelenggara tes yang punya prinsip kesalahan pengisian identitas bagian dari ketidakmampuan mengikuti tes, sehingga bisa gugur.

    Ada penyelenggara yang memakai aturan kode mapel salah kunci jawaban yang mengikuti juga salah.

    Ada juga penyelenggara yang mempunyai aturan untuk membetulkan kesalahan pengisian biodata.

    Jdi berdoa saja penyelenggaranya baik dan membetulkan pengisisan yang salah.

    BalasHapus
  29. pak, saya mau tanya ,saya perhatikan dari komentar sebelum2nya apabila penulisan nama salah tidak apa apa.Lalu sebenarnya apakah yg dijadikan kunci pada database siswanya?apakah hanya nomor peserta saja?

    Lalu saya baca artikel katanya saat scanning ada petugasnya juga.pertanyaan saya bagaimana caranya petugas bs tau data yg benar dan salah?misalnya kode soal.apakah sebelum dikirim ke pusat, data beserta nilainya sudah diperiksa oleh provinsi?mohon penjelasan kedua pertanyaan saya ya pak

    BalasHapus
  30. kalau wilayah jateng kan di koreksi di UNNes,,saya mohonn tolong staff lpmp mengingatkan kepada tim koreksi LJUN menyempurnakan identitas LJUN,

    BalasHapus
  31. Kalau saya lupa menulis kode mapel tp kode soalnya udah gmana?

    BalasHapus
  32. Intinya sebenarnya semua pengisisan identitas penting, kesalahan pada penulisan kode mapel bisa berefek pada kesalahan pengecekan kunci jawaban.

    BalasHapus
  33. Saya mau tanya lembar denah tipe soal UN yang telah ditetapkan oleh pusat pada setiap bangku siswa itu disatukan dengan LJUN atau tidak yah? Tolong di jawab, terima kasih

    BalasHapus
  34. pak saya mau tanya, saya kemarin kurang bersih dalam menghapus jawaban, sehingga LJK nya agak kotor karna bekas penghapus..
    apa ituh bisa berpengaruh fatal ?
    tolong dijawab

    BalasHapus
  35. Lhat sop un, sudah jelas aturannya seperti apa

    BalasHapus
  36. Pengaruh tetap ada karena komputer membaca titik hitam diljk, bekas coretan yang tidak terhapus dengan baik kemungkinan masih dianggap jawaban.

    BalasHapus
  37. maz aku mau tanya....?
    kemaren pas ujian, persaan, aku lupa ghak ngisi mata pelajaran apa.?
    pas waktunya b.inggris.?
    gimana itu mazz

    BalasHapus
  38. Hal seperti ini harus dihindari untuk lain waktu, ipkode soal diperlukan untuk mencocokan dengan kunci jawaban..

    BalasHapus
  39. ya.. trus kemungkinan gimana mas..?

    BalasHapus
  40. saya pernah mengikuti tes potensi akademik untuk pascasarjana, namun karena suatu hal lupa menghitamkan identitas jenis kelamin,.. apakah scanner tetap bisa memproses hasil koreksi hingga muncul hasil koreksinya?... apakah bermasalah n fatal?.. terimakasih..

    BalasHapus
  41. Kemungkinan besar bermasalah

    BalasHapus
  42. saya mngikuti tes msk mandiri suatu ptn d jkt
    saya lupa mngisi dan mnghitamkn kode soal nya
    klo ada 2 tipe soal kira2 bisa dibenerin ga ya pak?

    BalasHapus
  43. Tergantung yang mengolah nilai, mungkin untuk lain kali hindari terjadi kesalahan seperti itu karena termasuk fatal

    BalasHapus
  44. kalau mengisi identitas kelas di LJK pas UTS gimana..? Contohnya XI-IPA06 tapi yg Lain cuma Buat XI IPA 6 .. Aku sendiri buat kaya gitu.. Bisa Erorr gak tuu..?

    BalasHapus
  45. ka saya mau tanya kan pas ngisi tanggal ujian oleh saya diisi hari juga misalkan
    Tanggal Ujian= senin,14 April 2016

    BalasHapus
  46. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  47. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  48. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  49. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  50. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  51. Kak saya lupa ngisi tnggl ujian . Apa itu berakibat fatal ?


    Tolong dijawab

    BalasHapus
  52. tolong saya k
    apaakah menyebabkan fatal.klau tnggl ujian gak di isi

    BalasHapus
  53. tolong saya k
    apaakah menyebabkan fatal.klau tnggl ujian gak di isi

    BalasHapus
  54. Kak saya mau bertanya jika saya mengisi kode soal benar tapi mata ujiannya salah bagaimana ya kak?

    BalasHapus
  55. Pak,saya menulis tanggal,bulan,dan tanggal lahir keliru tgl,bln,thn ujiannya.
    Apakah itu bermasalah

    BalasHapus